Dilarang Tiduran Setelah Sahur, Bukan Berarti Boleh Tidur Sambil Duduk
Lifestyle & Sport

Dilarang Tiduran Setelah Sahur, Bukan Berarti Boleh Tidur Sambil Duduk

Channel9.id-Jakarta. Kebiasaan langsung tidur atau rebahan setelah sahur seharusnya Kamu hindari. Pasalnya, kebiasaan ini bisa berisiko bagi kesehatan, termasuk obesitas, diabetes, refluks lambung, hingga stroke. Namun, mungkin Kamu malah “ngide” dan melakukan kompromi. Alih-alih tidur sambil rebahan, Kamu tidur dalam kondisi duduk. Aduh… Padahal tidur setelah makan saja berbahaya, belum lagi ditambah risiko tidur dalam posisi duduk.

Sebetulnya, para ahli tak menyarankan dan tak melarang posisi tidur ini. Namun, yang pasti, tidur sambil duduk memang dianjurkan untuk orang dengan kondisi medis tertentu seperti sakit paru-paru atau setelah operasi. Namun, selagi Kamu tak ada masalah yang membuatmu harus tidur dalam posisi duduk, sebaiknya pertimbangkan risiko berikut ini.

1. Risiko cedera
Saat Kamu memasuki tahapan terakhir dalam setiap siklus tidur, yaitu tahapan tidur Rapid Eye Movement (REM), Kamu akan kehilangan kekuatan otot dan lumpuh. Mekanisme ini akan mencegah banyak pergerakan saat sedang mimpi. Nah, saat tidur sambil duduk, fase kelumpuhan sementara itu justru bisa membuatmu cedera, seperti tiba-tiba jatuh dari tempat duduk dan membuat tubuhmu cedera. Maka dari itu, sebaiknya Kamu tidur dalam posisi telentang, menyamping, maupun tengkurap.

2. Penggumpalan pembuluh darah
Selain itu, tidur dalam posisi duduk meningkatkan risiko penggumpalan darah pada pembuluh darah, menurut Sleep Foundation. Penggumpalan ini biasanya terjadi di paha atau betis. Tanpa penanganan segera, kondisi ini bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius, misalnya emboli paru—di mana gumpalan darah bergerak dan berpindah ke paru-paru.

Nah, mengingat risikonya, sebaiknya Kamu tidak tidur dalam posisi duduk. Apalagi jika lingkunganmu memungkinkan untuk tidur dalam posisi lain dan Kamu tak punya masalah medis yang mengharuskanmu tidur sambil duduk. Adapun posisi tidur yang disarankan ialah tidur telentang, menyamping, dan tengkurap. Tidur telentang baik untuk kesehatan tulang belakang. Selagi Kamu menggunakan bantal yang tepat, leher tidak akan terasa sakit.

Hal yang tak kalah penting, Kamu harus beri jarak minimal dua jam dari sahur atau makan jika Kamu mau tidur lagi. Sudah disinggung sebelumnya, langsung tidur setelah sahur atau makan bisa berbahaya bagi kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

  +  15  =  23