Nasional

Hadiri Bukber IKA UNJ, Himpuni Sampaikan Tekad Jadi Badan Hukum

Channel9.id – Jakarta. Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta (PP IKA UNJ) menggelar acara santunan kepada ratusan anak yatim-dhuafa dan buka puasa bersama. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Presidium Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni), Sutopo Kristanto, menyampaikan rencana organisasinya untuk menjadi badan hukum hingga mendirikan universitas.

Sutopo menjelaskan, Himpuni saat ini terdiri dari 51 organisasi alumni dari berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh Indonesia yang berjumlah 120 organisasi. Sutopo menyatakan optimismenya tentang potensi Himpuni tahun ini untuk menjadi badan hukum yang diakui secara resmi.

Ia menekankan pentingnya dukungan pemerintah dalam upaya ini untuk mengukuhkan status Himpuni sebagai badan hukum.

“Insyaallah pada tahun ini Himpuni akan dapat menjadi salah satu organisasi berbadan hukum yang berbentuk perkumpulan. Untuk itu kami mohon dukungan dari pemerintah untuk bisa menjadikan Himpuni sebagai suatu badan hukum,” ujar Sutopo saat memberikan sambutan dalam acara santunan dan buka bersama IKA UNJ di UNJ, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2024).

Ketua Ikatan Alumni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (IKA ITS) itu mengungkapkan, salah satu tujuan utama Himpuni adalah mendirikan universitas vokasional. Menurutnya, rencana mendirikan universitas ini merupakan sebuah tujuan yang sejalan dengan aspirasi kolektif para anggotanya.

“Jadi kami mohon dukungan dan terima kasih bapak-bapak telah berkenan memberikan dukungan secara langsung atas rencana universitas Himpuni dan ini nanti akan berbentuk vokasional,” tutur Sutopo.

Dengan berdirinya universitas tersebut kelak, ia optimis jika Himpuni dapat menjadi katalisator sekaligus fasilitator bagi perguruan tinggi negeri berbadan hukum di Indonesia. Melalui penelitian, inovasi, dan pengembangan teknologi, Himpuni berusaha untuk mempromosikan penurunan pengetahuan dan kemajuan teknologi, sehingga berkontribusi pada pembangunan nasional.

“Kerja sama melewati riset dan pengembangan inovasi dan teknologi itu bisa dihilirisasi melalui karya-karya kita bersama,” jelasnya

Lebih lanjut, Sutopo menegaskan komitmen Himpuni untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi perkembangan intelektual bangsa. Ia menuturkan, organisasi tersebut untuk membina kerjasama dan mendorong inovasi untuk kebaikan masyarakat.

“Untuk itulah Himpuni akan menjadi bagian yang penting nantinya di dalam perjalanan kita dalam ikut memberikan sumbangan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” pungkas Sutopo.

Adapun dalam acara ini, Sutopo turut didampingi oleh Sekjen Himpuni Irawati Hermawan dan Ketua Badan Eksekutif Himpuni Suherman Suji.

Acara bertajuk ‘Ramadhan Bersama Dhuafa Anak Yatim-Piatu Civitas dan Alumni UNJ’ ini turut dihadiri Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam Janedjri M. Gaffar. Ia mewakili Menko Polhukam Hadi Tjahjanto yang sedianya memberikan ceramah kebangsaan dalam acara ini.

Selain itu, turut hadir perwakilan organiasi alumni dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, seperti Universitas Terbuka, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, hingga Universitas Pattimura.

Baca juga: Gelar Buka Bersama, IKA UNJ Beri Santunan ke Ratusan Anak Yatim-Dhuafa

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  52  =  60