Connect with us

Lifestyle & Sport

Ingin Sehat dan Berumur Panjang? Coba Jalani Kiat-Kiat Berikut Ini

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Cobalah tengok seberapa banyak orang yang mengalami gejala COVID-19 yang terbilang berat dan parah. Perlu Kamu sadari, tingkat keparahan gejala ini juga bergantung pada pola dan gaya hidupmu. Pasalnya, kedua hal ini akan memengaruhi kesehatan secara menyeluruh.

Jika pola dan gaya hidupmu berantakan, tak hanya daya tahan tubuhmu yang lemah, tetapi Kamu juga jadi berisiko terkena penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, ginjal, stroke, dan lain sebagainya. Adapun orang-orang dengan penyakit ini—disebut dengan komorbid atau penyakit penyerta—berisiko membuat seseorang mengalami gejala yang parah saat terpapar COVID-19.

Baca juga: Pola Makan yang Bikin Bebas Stres

Untuk menghindari masalah kesehatan itu, sekaligus menangkal atau mengurangi tingkat keparahan gejala COVID-19, jalanilah hidup sehat. Hal ini juga memungkinkan Kamu hidup lebih bahagia dan berumur panjang, lo. Nah, untuk mendapat manfaat ini, lakukan tips simpel berikut ini untuk memulai pola hidup sehat.

1. Jaga tubuh tetap terhidrasi
Pastikan tubuhmu tetap terhidrasi dengan minum air putih dua liter atau delapan gelas per hari. Cara ini bakal mencegah Kamu mengalami dehidrasi, yang bisa memicu masalah kesehatan seperti pusing, linglung, kelelahan, kulit kering, bahkan gangguan ginjal.

Selain mencegah dehidrasi saja, minum air putih juga jadi cara ampuh bagi agar Kamu mengonsumsi minuman manis, yang berisiko meningkatkan masalah diabetes.

2. Konsumsi makanan sehat
Penting bagi Kamu untuk memerhatikan asupan gizi setiap hari. Pastikan makanan yang Kamu konsumsi mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Kemudian perhatikan pula porsinya, agar berat badanmu tetap ideal—tak terlalu kurus atau terlalu gemuk. Kamu pun harus bijak dalam mengolahnya. Cobalah mengolah makanan dengan cara yang sehat seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

3. Kurangi gula, alkohol, dan rokok
Batasi atau hindarilah asupan gula. Sebab jika dikonsumsi terlalu banyak, bisa memicu diabetes. Kalau sudah demikian, Kamu bisa lebih rentan terkena berbagai penyakit kronis di masa mendatang, penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, Kamu juga harus perlahan-lahan kurangi kebiasaan minum alkohol dan merokok.

4. Hindari atau kelola stres
Nyaris semua orang mengalami stres, entah apa pun penyebabnya. Dalam jangka panjang, stres bisa memengaruhi kesehatan secara keseluruhan. Oleh karenanya, usahakan untuk hindari atau kelola stres agar Kamu lebih rileks dan bebas dari stres.

Jika Kamu merasa tertekan, cobalah tenangkan dirimu dan ambil napas dalam-dalam, kemudian embuskan perlahan. Lakukan hal ini hingga Kamu rileks. Cara ini bisa menurunkan produksi hormon kortisol, yang jika kadarnya tinggi bisa memicu stres, sehingga Kamu lebih rileks. Atau, Kamu juga bisa melakukan hal atau hobi yang menyenangkan buatmu.

5. Rutin olahraga
Di masa pandemi seperti ini, Kamu tak perlu olahraga di rumah seperti ke gym atau jogging guna meminimalisasi risiko terpapar virus Corona. Terlebih saat ini varian virus yang diwaspadai di dunia mulai merebak di sejumlah wilayah di Indonesia. Nah, sebagai gantinya, Kamu bisa berolahraga di dalam rumah. Kamu bisa melakukan yoga dan jenis olahraga lainnya, yang memungkinkan Kamu tetap bisa berolahraga meski di rumah. Kuncinya satu, buatlah tubuhmu aktif bergerak setiap hari. Dengan begitu, Kamu bisa lebih bugar, stamina lebih kuar, hingga daya tahan tubuhmu juga kuat.

6. Tidur cukup
Nah, upaya-upaya dia atas bakal sia-sia kalau Kamu tak cukup tidur, lo. Maka dari itu, cukupilah kebutuhan tidurmu. Idealnya sekitar 7-9 jam per malam, menurut National Sleep Foundation.

Menurut ahli, tidur merupakan kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat. Aktivitas ini menjadi fondasi pikiran dan tubuh yang sehat. Jika fondasi goyah, kesehatanmu akan terganggu, dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan.

(LH)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Tumbangkan Argentina, Voli Putra Prancis Hadapi ROC di Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra Prancis berhasil mengalahkan Argentina pada babak semi final Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dengan kemenangan ini, Prancis berhak melaju ke babak final. Prancis akan berhadapan dengan ROC (Komite Olimpiade Rusia) untuk merebut medali emas.

ROC lebih dahulu lolos ke babak final usai mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23).

Adapun Prancis melaju ke partai puncak setelah mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22) dalam pertandingan di Ariake Arena, Tokyo.

Prancis, yang hanya menempati peringkat kesembilan di Olimpiade Rio 2016, tampil meyakinkan di babak semifinal.

Jean Patri tampil menonjol di antara pemain Prancis lain. Dia menyumbang 15 poin, termasuk 11 dari smash dan 2 dari block. Pemain lain yang juga berperan besar adalah Trevor Clevenot yang menyumbang 14 poin.

Di kubu Argentina, kecemerlangan Facundo Conte tak ditunjang rekan setimnya. Dia menyumbang 13 poin, tapi rekan-rekannya tak ada yang mampu meraih lebih dari 10 poin.

Partai final bola voli putra Olimpiade Tokyo akan berlangsung Sabtu 7 Agustus, setelah perebutan perunggu usai digelar.

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Kalahkan Brasil, Voli Putra ROC Melaju ke Final

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Tim bola voli putra ROC (Komite Olimpiade Rusia) berhasil ke final usai mengalahkan Brasil di babak semi final Olimpiade Tokyo 2020.

Tim asuhan Tuomas Sammelvuo ini mengalahkan Brasil dengan skor 3-1 (18-25, 25-21 26-24, 25-23) waktu dua jam delapan menit.

Berlaga di Ariake Arena, Tokyo, Jepang, Kamis 5 Agustus 2021 siang WIB, Maxim Mikhaylov menjadi bintang kemenangan ROC dengan mencetak 22 poin. Egor Kliuka dan Ivan Iakovlev juga memberi andil besar dengan masing-masing mencetak 15 serta 12 poin.

Bagi Brasil, kekalahan ini membuat Wallace De Souza dan kolega agal mempertahankan medali emas Olimpiade. Namun, tim asuhan Renan Dal Zotto masih berpeluang meraih medali perunggu.

Di Final nanti, ROC akan berhadapan dengan Prancis. Prancis lolos ke final usai mengalahkan Argentina dengan skor 3-0 (25-22, 25-19, dan 25-22).

HY

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Sprinter Jamaika Hansle Parchment Raih Medali Emas 110m Lari Gawang

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Sprinter Jamaika, Hansle Parchment merebut medali emas pada laga final 110 meter lari gawang putra Olimpiade Tokyo 2020, Kamis 5 Agustus 2021.

Dia berhak meraih medali emas usai mengalahkan juara dunia asal Amerika Serikat, Grant Holloway. Holloway harus puas dengan medali perak. Sedangkan, medali perunggu kembali direbut atlet Jamaika, Ronald Levy.

Parchment mencatat waktu 13,05 detik untuk menjadi juara baru Olimpiade. Holloway yang sebenarnya mengawali lomba sebagai pelari tercepat, terpeleset pada dua rintangan terakhir.

Hal itu membuat Holloway finis urutan kedua dengan catatan waktu 13,09 detik, sedangkan Ronald Levi menyusulnya di belakang dengan membukukan waktu 13,10 detik.

HY

Continue Reading

HOT TOPIC