Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Otak
Lifestyle & Sport

Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Otak

Channel9.id-Jakarta. Otak berfungsi untuk mengendalikan seluruh fungsi tubuh manusia. Oleh karenanya, organ ini begitu penting dan harus dijaga kesehatannya. Namun, tanpa disadari, Kamu mungkin melakukan kebiasaan yang tampak sepele, yang rupanya bisa merusak kesehatan otak. Misalnya saja kurang tidur yang membuat otak tak berfungsi secara optimal. Selain itu, masih ada lagi kebiasaan lain yang bisa merusak otak, antara lain:

1. Males gerak
Kurang aktivitas fisik juga berdampak buruk bagi kesehatan secara keseluruhan, termasuk otak. Kebiasaan ini akan meningkatkan risiko obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes serta penyakit kardiovaskular. Hal inilah yang nantinya bisa meningkatkan risiko terkena Alzheimer. Oleh sebab itu, olahraga teratur sangat disarankan.

2. Kurang paparan sinar matahari
Kekurangan sinar matahari dikaitkan dengan depresi, lo. Healthline melaporkan bahwa sinar matahari mampu merangsang tubuh untuk memproduksi hormon senang serotonin.

Hormon ini berperan mengatur suasana hati dan membantu lebih fokus. Ketika hormon ini turun karena Kamu kurang terpapar sinar matahari, Kamu bisa depresi. Adapun depresi bisa menghambat kemampuan berpikir, menurunkan daya ingat. serta meningkatkan risiko demensia—selain mengganggu kesehatan mental.

3. Terlalu keras mendengarkan musik
Volume suara yang terlalu keras ketika menggunakan earphone atau headphone bukan cuma merusak pendengaran, melainkan juga bisa merusak otak, lo. Kebiasaan ini akan memberi tekanan besar kepada otak untuk mengerti apa yang sedang didengarkan. Ini nantinya akan memengaruhi kemampuan daya ingat dan merusak sel-sel otak.

4. Banyak menyendiri
Sebagai makhluk sosial, manusia tak bisa hidup sendiri. Oleh karena tu, manusia butuh berinteraksi sosial dengan orang lain.

Sementara itu, kurangnya bersosialisasi atau kebiasaan menyendiri ternyata akan menimbulkan rasa kesepian dan juga depresi. Akhirnya, hal tersebut dapat memicu kerusakan otak serta meningkatkan risiko Alzheimer.

5. Berpikir negatif
Pikiran punya efek kuat yang bisa memengaruhi diri sendiri. Adapun jika Kamu berpikiran negatif, maka energimu terkuras dan fokus juga menurun. Healthline juga melaporkan bahwa pikiran-pikiran negatif berkontribusi terhadap stres dan depresi.

Kondisi itu juga bisa menurunkan kemampuan kognitif dan daya ingat. Selain itu, orang-orang yang terbiasa berpikir negatif juga lebih tinggi berisiko mengalami demensia.

Itu dia kebiasaan yang tampaknya biasa saja, tapi sebetulnya berdampak buruk bagi otak. Nah, ayo hindari mulai sekarang!

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  24  =  27