Connect with us

Nasional

Kemensos Perlu Bantu Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Published

on

Channel9.id – Jakarta. Kementerian Sosial (Kemensos) perlu membantu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam mengembangkan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Kemensos bisa memperhatikan mereka melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial.

Demikian disampaikan anggota Komisi VIII DPR RI Bukhori Yusuf dalam keterangan resmi, Selasa (15/9). Bukhori menilai, Kemensos memiliki tugas menyelenggarakan urusan di bidang rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, perlindungan sosial, dan penanganan fakir miskin untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara melalui Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial.

“Anak-anak yang memiliki masalah mental seperti autis dan lainnya, saya kira belum memperoleh perhatian secara khusus dari Kemensos, khususnya Dirjen Rehabilitasi Sosial. Memang secara usia, ada yang berumur 18 tahun bahkan lebih, akan tetapi secara mental sebenarnya mereka berusia 6 tahun,” kata Bukhori.

Baca juga : Top! Pemerintah Anggarkan Rp 50 Miliar untuk Rumah Fakir Miskin

Bukhori mengaku, dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Kemensos kemarin, dirinya menyampaikan sejumlah program penanganan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus lebih intensif digerakkan oleh masyarakat daripada pemerintah.

“Saya justru melihat sejauh ini peran publik jauh lebih intensif dalam menyentuh mereka, mulai dari penyediaan panti swadaya sampai penyusunan kurikulum belajar mereka. Sebab itu, tolong pemerintah bisa serius memperhatikan kondisi mereka mengingat mereka adalah aset bangsa kita juga” kata Bukhori.

Kemendikbud memperkirakan sekitar 70 persen ABK tidak memperoleh pendidikan yang layak. Sementara, data dari BPS tahun 2017 menunjukkan jumlah ABK di Indonesia mencapai 1,6 juta orang. Artinya, sekitar 1 juta ABK belum memperoleh pendidikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Karena itu, dia mendorong Kemensos untuk bergabung dengan cara menggulirkan bantuan yang sifatnya tidak konsumtif semata, tetapi memiliki pola memberdayakan.

Di samping itu, dia menilai anggota DPR pun perlu dilibatkan oleh Kemensos dan Kemendikbud mengingat selain memiliki fungsi pengawasan, DPR juga memiliki fungsi representasi.

“Kemensos juga perlu melibatkan DPR mengingat selain memiliki fungsi pengawasan, kami juga memiliki fungsi representasi, yakni mewakili orang fakir. Melalui sinergi yang kuat, penyelesaian masalah sosial bisa dilaksanakan secara efektif, efisien, dan berdampak,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Pengurus Pusat P3SI Dukung Sejarah Sebagai Mapel Wajib

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Pengurus Pusat Perkumpulan Prodi Pendidikan Sejarah seluruh Indonesia (P3SI) menyampaikan dukungan kepada pengurus Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI) dalam memperjuangkan mata pelajaran sejarah.

Dalam hal ini, P3SI akan memperjuangkan sejarah sebagai mata pelajaran wajib di SMA/MA pada kelas X, XI dan XII.

“Kemudian, menjadikan kembali sejarah sebagai mata pelajaran wajib di SMK pada kelas X, XI, dan XII,” kata Ketua Umum P3SI Abdul Syukur, Senin (28/9).

Abdul menambahkan, pihaknya juga menolak pengintegrasian sejarah ke dalam mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) di SMA/MA/SMK pada kelas X, XI, dan XII.

Baca Juga : Organisasi Profesi Sejarah Minta Kemendikbud Batalkan Draf Penyederhanaan Kurikulum

Abdul menjelaskan, dukungan memperkuat perjuangan AGSI diputuskan dalam rapat pengurus via zoom meeting pada 19 September 2020.

Garis perjuangan ini pun sudah disampaikan ke publik melalui Webinar yang diselenggarakan AGSI pada Minggu 27 September 2020.

(HY)

 

Continue Reading

Hot Topic

Jokowi: Saya Minta Jadwal Penyuntikan Vaksin Covid-19 Selesai Dua Minggu Ini

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo menginstruksikan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional membuat rencana vaksinasi Covid-19. Tak hanya itu, Kepala Negara pun memberikan tenggat dua minggu.

“Saya minta untuk rencana vaksinasi, rencana suntikan vaksin itu direncanakan secara detail dan seawal mungkin. Saya minta dalam dua minggu ini sudah ada perencanaan yang detail,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (28/09).

Baca juga: Jokowi Bakal  Tinjau Uji Coba Perdana Vaksin Covid-19 di Bandung

Jokowi meminta agar jadwal vaksinasi segera ditetapkan. Selanjutnya penetapan lokasi penyuntikan dan pihak-pihak yang akan divaksin terlebih dahulu.

“Kapan dimulai, lokasinya di mana, siapa yang melakukan, siapa yang divaksin pertama? Semuanya harus terencana dengan baik sehingga saat vaksin ada itu tinggal langsung implementasi pelaksanaan di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menyebut vaksin Covid-19 di beberapa negara telah memasuki pengujian tahap akhir. Sementara itu, vaksin akan masuk ke Indonesia awal Desember 2020.

“Vaksin pertama akan masuk ke Indonesia pada awal Desember, mudah-mudahan bisa lebih cepat,” kata Luhut saat membuka acara pameran virtual Pernak Pernik Indonesia, Rabu (16/09).

Saat ini, vaksin konsorsium Biofarma dan Sinovac masih uji coba tahap ketiga. Proses ini ditargetkan selesai paling cepat akhir Desember 2020 dan paling lambat awal 2021.

Continue Reading

Nasional

Gubernur Jatim Panen Buah Kelengkeng Premium di Lumajang

Published

on

By

Channel9.id-Lumajang. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memanen dan merasakan manisnya buah kelengkeng Lumajang, seusai melakukan aktiftas kunjungan kerja di Lumajang membagikan masker, sembako dan bantuan keuangan khusus serta Dana Desa.

Khofifah mengaku klengkeng asal Lumajang ini lebih nikmat dari pada jenis lainnya. Potensi agro luar biasa yang dimiliki Lumajang ini akan disupport Pemprov Jatim dengan membantu sertifikasi bibit serta lahan sehingga buah kelengkeng ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tapi juga ekspor.

“Ini potensi agro yang luar biasa yang dimiliki lumajang. Kualitasnya menurut saya terbaik dari yang kelengkeng yang saya pernah konsumsi. Kami akan support dengan sertifikasi mulai bibit dan tanahnya sehingga potensi tidak hanya pasar dalam negeri tapi luar negeri,” ujar Khofifah, Minggu (27/9/20).

Buah kelengkeng atau dalam bahasa latin disebut dimocarpus longan lour kaya akan manfaat bagi tubuh yakni mengandung antioksidan dan vitamin c sehingga baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, juga baik untuk kesehatan mata dan kulit.

Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur selain terkenal dengan wisata pendakiannya juga terkenal akan kesuburan tanahnya. Sehingga beragam tanaman tumbuh subur di lereng gunung Semeru diantaranya buah kelengkeng.

Tanaman kelengkeng ini tumbuh subur di desa Wonogriyo kecamatan Tekung Lumajang. Kelengkeng super Lumajang ini memiliki kelebihan dibandingkan yang lainnya yakni dagingnya lebih tebal serta rasanya lebih manis dibandingkan jenis lainnya. Tak heran, kelengkeng ini sangat diminati warga.

“Rasanya manis sampai di lidah dan tenggorokan, nikmat banget. Mungkin tanahnya bagus sehingga cocok untuk tanaman kelengkeng ini,” ujar Rusmanto (45), salah satu warga.
Hal senada juga diungkapkan oleh Ike Fitriyah (30) usai menikmati kelengkeng super asal Lumajang ini.

“Kelengkeng ini rasanya manis dan segar dibandingkan lainnya, dagingnya lebih tebal,” ujar Ike.
Ketika musim panen tiba, Bunadi dengan dibantu sejumlah karyawannya memanen hingga tiga setengah ton kelengkeng di lahan seluas dua hektar miliknya. Satu pohon kelengkeng bisa menghasilkan 55 Kg kelengkeng.

Harga satu kilogram buah kelengkeng dijual seharga Rp 30.000. Tidak hanya memenuhi pasar lokal Lumajang buah klengkeng asal lumajang ini juga dikirim keluar kota seperti Jakarta.

“Saya memiliki lahan seluas dua hektar yang ditanami kelengkeng. Kalau panen bias sampai 3,5 ton kelengkeng. Selain untuk kebutuhan pasar di Lumajang juga saya kirim ke luar kota seperti Jakarta ” ujar Bunadi.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC