Hot Topic Nasional

KGPAA Mangkunegara X: Pernikahan Kaesang-Erina Momen Nguri-uri Kebudayaan

Channel9.id – Jakarta. Sampeyan Dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X bangga lantaran Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menikah menggunakan adat Jawa. Menurut dia, pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu momen nguri-uri atau merawat kebudayaan.

“Ini merupakan momen nguri-uri kebudayaan yang luar biasa,” kata KGPAA Mangkunegara X di depan Pendopo Agung Kedaton Ambarrukmo, Royal Ambarrukmo, Sleman, DI Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

KGPAA Mangkunegara X mengatakan bahwa Mangkunegaran mendukung pernikahan Kaesang yang juga menggelar tasyakuran di Puro Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12) besok. Dia menilai hal itu sekaligus bisa memperkenalkan budaya Jawa ke masyarakat luas.

Baca juga: Kaesang dan Erina Resmi Jadi Suami Istri

“Jadi itu merupakan suatu momen yang momen kebudayaan yang sangat menyenangkan karena ini perayaan kebudayaan di di kota Solo tidak hanya di Mangkunegaran tapi di berbagai titik di kota Solo. Jadi momen yang sangat baik bagaimana kebudayaan bisa diangkat, bisa diperkenalkan ke masyarakat yang sangat-sangat luas,” tuturnya.

“Bahkan seluruh Indonesia akan melihat. Jadi ini momen kebudayaan yang sangat positif. Kami dari Mangkunegaran juga sangat senang untuk mendukung momen ini dengan sebaik-baiknya dengan tetap menjaga pakem-pakem Mangkunegaran,” imbuh KGPAA Mangkunegara X.

KGPAA Mangkunegara X turut mengungkap bahwa persiapan tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina di Puro Mangkunegaran sudah berjalan dengan baik. Dia pun berharap acara besok berjalan lancar.

“Persiapannya sudah sangat berjalan dengan baik di Mangkunegaran, dengan seluruh panitia dan pihak-pihak terkait yang mendukung semua berjalan lancar dan baik. Kemudian, InsyaAllah bisa berjalan dengan baik,” kata dia.

KGPAA Mangkunegara X yang menghadiri akad nikah Kaesang Pangarep dan Erina Gudono hari ini juga memanjatkan doa. Dia mendoakan Kaesang selalu bahagia.

“Saya mewakili seluruh keluarga dari Mangkunegaran mengucapkan selamat kepada Mas Kaesang kepada Mbak Erina atas akad nikah yang akan dilangsungkan setelah ini. Kami tentu sekeluarga mendoakan agar selalu bahagia menjadi keluarga yang selalu rukun baik dan kedepannya selalu sehat dan sukses,” tutur dia.

KGPAA Mangkunegara X mengatakan jelang akad nikah hari ini, suasana di lokasi sangat hangat dan kekeluargaan. Sebagai teman Kaesang, dia pun mengaku ikut senang atas pernikahan ini.

“Jadi suasana hari ini sangat hangat, sangat kekeluargaan, ya momen sakral tang tentunya bagi Mas Kaesang dan Mbak Erina. Ya saya sebagai teman dari Mas Kaesang ya tentu ikut senang. Ya tentu momen yang sangat membahagiakan,” tuturnya.

HY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  +  37  =  39