Nasional

Pemerintah Selandia Baru Campur Tangan, KKB Kogoya Hampir Diserang TNI-Polri

Channel9.id – Jakarta. KKB pimpinan Egianus Kogoya hanpir diserang pasukan gabungan TNI-Polri, pemerintah Selandia Baru campur tangan, minta pembebasan sandera dilakukan tanpa kekerasan.

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengaku koordinat dan posisi KKB pimpinan Egianus Kogoya yang menyandera pilot Susi Air sudah teridentifikasi.

Bahkan, Mahfud mengatakan aparat gabungan TNI-Polri hampir menyerang mereka untuk membebaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Merthens.

Baca juga: Sadis! Teror Bersenjata KKB Egianus Kogoya, 65 Aksi Sebabkan 74 Orang Luka dan Meninggal Dunia

Baca juga: Jejak Berdarah KKB Egianus Kogoya di Tanah Papua

“Saya katakan lah, loh saya sudah tahu loh tempatnya, koordinat berapa, seperti itu. Kamu sudah kita kepung sekarang,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Namun, Mahfud menjelaskan penyergapan terhadap KKB itu urung dilakukan. Sebab, Pemerintah Selandia Baru datang ke Indonesia dan meminta agar warga negaranya bisa dibebaskan dengan selamat tanpa adanya kekerasan.

“Tetapi begitu kita mau bergerak kan pemerintah Selandia Baru datang kesini dan kami memohon tidak ada tindak kekerasan karena itu warga kami, (mereka meminta) agar masalah ini tidak menjadi masalah internasional,” ujarnya.

Dengan adanya permintaan tersebut, Mahfud mengatakan pemerintah RI sedang merencanakan strategi lain untuk membebaskan Philip.

“Oleh sebab itu kita masih tangani ditunggu saja mudah-mudahan ada penyelesaian,” ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Sebby Sambom mengaku pihaknya telah membakar pesawat Susi Air yang baru saja mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2/2023) pagi.

“Pada hari ini, Selasa, 7 Februari 2023 pukul 11:18, dilaporkan oleh Panglima Pertahanan Daerah Kodap III Ndugama-Derakma Brigjen Egianus Kogoya bahwa Kami TPNPB KODAP III Ndugama-Derakma sudah membakar satu pesawat Jenis Susi Air nomor registrasi PK-BvY di lapangan terbang distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

TNI dan Polri yang tergabung dalam Tim Operasi Damai Cartenz di Papua akan dikerahkan untuk menyelamatkan pilot dan penumpang pesawat Susi Air yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua, Selasa (7/2/2023).

Saat ini, ia mengatakan Tim Operasi Damai Cartenz tengah melakukan operasi pencarian lokasi sandera.

HT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5  +  5  =