Connect with us

Lifestyle & Sport

Piala Thomas dan Uber 2020 Ditunda

Published

on

Piala Thomas dan Uber

Channel9.id-Jakarta. BWF resmi menunda ajang Piala Thomas dan Uber 2020 yang semula dijadwalkan berlangsung di Aarhus, Denmark, Oktober 2020.

Penundaan ini juga salah satunya disebabkan mundurnya Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Australia, dan Indonesia dari ajang tersebut.

Pihak BWF mengambil keputusan ini setelah berkoordinasi dengan panitia lokal di Denmark.

“BWF, setelah berkonsultasi dan kesepakatan dengan tuan rumah lokal Badminton Denmark, telah membuat keputusan yang sulit untuk menunda Piala Thomas dan Uber di Aarhus, Denmark,” demikian pernyataan BWF.

Baca juga : Tim Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Pihak BWF dan panitia lokal Piala Thomas dan Uber 2020 dalam beberapa bulan terakhir terus melakukan persiapan agar turnamen internasional bulutangkis bisa dijalankan secara aman di tengah pandemi covid-19.

Termasuk melakukan pendekatan untuk mengumpulkan seluruh atlet dan tempat di tempat tertentu untuk mencegah penyebaran virus corona.

Namun, setelah berkoordinasi dengan berbagai pihak maka opsi yang paling ideal adalah menunda turnamen yang semula akan digelar pada Mei 2020 sebelum diundur karena pandemi virus corona. Belum diketahui kapan penundaan Piala Thomas dan Uber ini akan dilangsungkan.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lifestyle & Sport

Banyak Anak di Blitar Melangsungkan Pernikahan Dini

Published

on

By

Channel9.id-Blitar. Selama masa pandemi Covid-19 banyak anak di Kota Blitar yang terjebak dalam pergaulan bebas sehingga terjadi kehamilan dan melangsungkan pernikahan dini.

Sesuai dari data yang di rangkum pernikahan dini naik signifikan mulai Juni lalu, Ada 62 permohonan dispensasi nikah diajukan oleh pasangan di bawah umur. Sementara pada Maret ada 53 permohonan, April ada 29 permohonan dan Mei 14 ada permohonan.

“Sejak Januari sampai Agustus tahun ini, kami terima permohonan dispensasi kawin sebanyak 408. Naik hampir 100 persen dibandingkan tahun 2019 sebanyak 245,” kata Humas PA Blitar, Nur Kholis, Sabtu (19/9/2020).

Di tahun 2017, perkawinan anak di Blitar ada 207 kasus, 2018 turun menjadi 157 kasus. Namun pada 2019 melonjak menjadi 245 kasus.

Baca juga : Aparatur Sipil Dilarang Poliandri, Tapi Boleh Poligami

Nur Kholis menilai, naiknya angka perkawinan anak terjadi karena dua faktor. Pertama karena berlakunya UU Perkawinan No 1/1974 pada Oktober 2019. UU Perkawinan telah menyepakati usia minimum nikah bagi laki-laki dan perempuan jadi 19 tahun. Kedua karena pandemi COVID-19.

“Revisi UU Perkawinan itu yang utama, karena yang minta dispensasi kawin kebanyakan usia 15 sampai 17 tahun. Kalau karena pandemi, menyumbang 30 persen dari angka kenaikan yang ada,” tuturnya.

Kondisi ini menjadi keprihatinan bagi Kemenag Kabupaten Blitar. Revisi UU Perkawinan yang diharapkan bisa mengurangi laju angka perkawinan anak, ternyata belum menjadi solusi. Pun dengan Perbup Blitar Tahun 2019 tentang Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Perempuan, belum mampu meningkatkan pemahaman soal risiko yang ditimbulkan dari perkawinan anak.

“Kondisi ini diperparah dengan pandemi (COVID-19). Anak tidak ada aktivitas belajar di sekolah, orang tua bingung mencari penghasilan sehingga pengawasan pada anak lemah. Dan pengaruh negatif gadget. Waktu luang anak lebih banyak dan bebas, ini membuat banyak yang terjebak dalam pergaulan bebas,” ungkap Humas Kemenag Kabupaten Blitar, Jamil Mashadi.

Jamil mengaku telah melaporkan kondisi ini kepada Bupati Blitar dan stakeholder terkait. Menurutnya, menyelamatkan generasi muda dari situasi seperti ini merupakan kewajiban bersama. Penting dirumuskan skema pembelajaran yang efektif dan efisien, agar anak mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Dibentuknya kelompok belajar dalam jumlah terbatas di bawah pengawasan ortu dan guru, lanjutnya, bisa dilakukan. Atau meningkatkan peran guru dengan mengunjungi anak didiknya secara berkala. Utamanya, menyadarkan orang tua akan tanggung jawab mendidik anak-anak mereka.

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Penyakit Ini Menghantui Bila Kurang Tidur

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Jam tidur bisa berkurang akibat begadang, entah demi menyelesaikan kerjaan atau sekadar untuk bersenang-senang. Imbasnya, di esok hari tubuh menjadi kurang fit karena merasa lelah, pusing, hingga tak enak badan.

Dalam jangka panjang, kurang tidur sangat berbahaya bagi kesehatan dan harus diwaspadai. Sejumlah peneliti mengaitkan kondisi ini dengan beragam masalah kesehatan, dari yang sepele hingga kronis. Adapun beberapa penyakit kronis yang dipicu oleh kurang tidur di antaranya, seperti berikut ini.

1. Meningkatkan tekanan darah
Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kurang dari 5 jam sehari bisa mengalami gejala yang lebih buruk. Sebuah studi menemukan bahwa kurang tidur pada orang yang memiliki hipertensi bisa mengalami peningkatan tekanan darah di esok harinya.

2. Diabetes
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur berkaitan dengan perkembangan diabetes tipe 2. Pasalnya, kurang tidur memengaruhi cara tubuh memproses glukosa.

Penelitian lainnya, menemukan bahwa orang dewasa yang tidur kurang dari 5 jam semalam berisiko lebih tinggi terkena diabetes. Maka dari itu, disarankan untuk memperbaiki kualitas tidur agar gula darah lebih terkontrol.

3. Penyakit jantung
Mereka yang memiliki gangguan tidur berisiko terkena penyakit jantung koroner, stroke, detak jantung tidak teratur, dan hipertensi.

Misalnya, sleep apnea–yang berkaitan dengan penyakit jantung. Diketahui, sleep apnea merupakan gangguan di mana seseorang berhenti bernapas atau mengalami napas pendek saat tidur.

Penderita sleep apnea bisa terbangun beberapa kali sepanjang malam lantaran saluran udara mereka tertutup begitu tidur. Kondisi ini membuat penderitanya membutuhkan perangkat medis khusus yang disebut monitor apnea atau perangkat CPAP (continuous positive airway pressure)..

4. Sistem saraf pusat terganggu
Tidur dibutuhkan agar sistem saraf pusat berfungsi dengan baik. Namun, insomnia kronis bisa mengganggu cara tubuh mengirim dan memproses informasi.

Saat tidur, jalur antara neuron di otak yang membantu mengingat informasi baru yang telah dipelajari, dibentuk. Kurang tidur membuat otak lelah sehingga tak bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Kondisi ini juga bisa membuat sulit berkonsentrasi atau mempelajari hal-hal baru.

5. Depresi
Berdasarkan survei Sleep in America, orang dengan depresi atau kecemasan, cenderung tidur kurang dari 6 jam di malam hari.

Baca juga : Sering Tidur Pagi Berbahaya Bagi Kesehatan, Termasuk Kanker

Gangguan tidur yang paling umum yakni insomnia. Mereka yang insomnia lima kali lebih mungkin mengalami depresi, daripada mereka yang tidak.

Faktanya, insomnia ialah salah satu gejala awal depresi. Insomnia dan depresi saling mempengaruhi. Kurang tidur sering kali memperburuk gejala depresi dan depresi membuat individu lebih sulit tidur

Selain itu, kurang tidur pun berdampak buruk bagi kemampuan mental dan emosional. Tak ayal bila seseorang jadi lebi tidak sabar atau cenderung mengalami perubahan suasana hati yang mana juga dapat membahayakan proses pengambilan keputusan dan kreativitas.

Dalam waktu lama, kurang tidur bisa memicu halusinasi. Risiko psikologis lain yang mungkin terjadi, yaitu perilaku impulsif, kegelisahan, depresi paranoia, pikiran untuk bunuh diri, dan mungkin juga mengalami tidur mikro di siang hari.

(LH)

Continue Reading

Lifestyle & Sport

Pindah ke Liverpool, Thiago Alcantara: Saya Menunggu Momen ini Sejak Lama

Published

on

By

Thiago Alcantara resmi hijrah ke Liverpool

Channel9.id-Jakarta. The Reds telah menuntaskan transfer Thiago Alncantara dari Bayern Munich. Thiago pun mengungkapkan perasaan bahagianya pindah ke Liverpool. “Perasaan yang luar biasa. Saya menunggu momen ini untuk waktu yang lama dan saya sangat, sangat senang ada di sini,” ujar Thiago seperti dikutip situs resmi klub, Jumat (18/09).

“Ketika tahun-tahun berlalu, Anda mencoba meraih kemenangan sebanyak mungkin dan ketika Anda jadi juara, Anda ingin lebih,”ucap pemain asal Spanyol itu.

“Saya kira klub ini juga mendeskripsikan diri saya. Saya ingin mencapai semua target, meraih trofi sebanyak mungkin,” sambung Thiago.

Liverpool mengikat gelandang berusia 29 tahun itu dengan kontrak yang berdurasi empat tahun.

Kedatangan Thiago Alcantara mengakhiri spekulasi apakah Liverpool bakal belanja pemain bintang di bursa transfer musim panas ini.

Sebelum merekrut Thiago, Liverpool baru mendatangkan bek kiri asal Yunani, Kostas Tsimikas. Thiago akan mengenakan nomor punggung 6 di Liverpool.

Liverpool tak menyebut secara rinci berapa nilai transfer Thiago. Namun, laporan yang beredar menyakini Liverpool menebus mantan pemain Barcelona itu senilai 20 juta paun.

Thiago gabung Liverpool setelah menghabiskan tujuh tahun terakhir bersama Bayern Munich. Dia ikut mengantar Bayern merangkai treble winners musim 2019/2020.

Selama tujuh musim di Bayern, Thiago meraih total 16 gelar juara. Dia mencatatkan 235 kali penampilan bersama Bayern, dengan menyumbang 31 gol dan 35 assist.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC