Connect with us

Hot Topic

Sadis, Guru Dipenggal di Perancis Gara-gara Perlihatkan Kartun Nabi

Published

on

Channel9.id-Jakarta. Seorang guru telah dipenggal di pinggiran barat laut Paris oleh pelaku yang kemudian ditembak mati polisi. Korban disebut telah menunjukkan kartun Nabi Muhammad yang kontroversial kepada murid-muridnya, yang diduga menjadi motif pembunuhan tersebut.

Diwartakan BBC, serangan itu terjadi sekitar pukul 17:00 waktu setempat di dekat sebuah sekolah. Kasus ini tengah dalam penyelidikan jaksa anti-terorisme Prancis.

Seorang pria yang memegang pisau besar menyerang gurunya di sebuah jalan di daerah bernama Conflans-Sainte-Honorine, memotong kepalanya. Pelaku kemudian melarikan diri, tetapi polisi setempat segera disiagakan oleh publik di tempat kejadian dan berhasil menghadangnya di dekat Eragny.

Baca juga: Politisi Belanda Greet Wilders Akan Gelar Kompetisi Kartun Nabi Muhammad

Ketika petugas mendesak pelaku untuk menyerahkan diri, dia mengancam mereka. Petugas menembak pelaku dan dia meninggal beberapa saat kemudian.

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengunjungi tempat kejadian, menyebut pembunuhan itu sebagai “serangan teroris Islam”. Dia mengatakan korban, yang belum disebutkan namanya, dibunuh karena “mengajarkan kebebasan berekspresi”.

Saat ini Pengadilan Prancis tengah menggelar persidangan atas serangan teroris terhadap majalah Charlie Hebdo pada 2015. Sedangkan tiga pekan lalu, seorang pria menyerang dan melukai dua orang di luar bekas kantor majalah itu diduga terkait penerbitan ulang kartun Nabi Muhammad.

IG

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hot Topic

Kadiv Humas Polri: Masyarakat Demo Jangan Ricuh dan Anarkis

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono meminta masyarakat yang melakukan demo untuk tertib dan tidak melakukan kericuhan dan aksi anarkisme.

Diketahui mahasiswa dari BEM SI akan menggelar demo tolak UU Ciptaker di Istana Negara, Selasa (20/10) hari ini.

“Polri mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menyampaikan aspirasi untuk tetap tertib, damai dan mematuhi aturan hukum yang berlaku,” kata Argo dalam keterangannya, Jakarta, Selasa (20/10).

Menurut Argo, menyampaikan aspirasi memang diatur dalam undang-undang. Namun, demo yang berujung pada perusakan fasilitas umum dan mengganggu ketertiban tidak dibenarkan dalam payung hukum manapun.

“Tetap waspadai adanya celah penyusup yang ingin melakukan kerusuhan seperti pembakaran fasilitas umum yang akan menghambat kepentingan umum,” katanya.

Argo juga mengingatkan kepada pendemo untuk tidak mudah termakan informasi palsu atau hoaks. Pasalnya, dalam hal ini Polri telah melakukan pengungkapan adanya upaya-upaya provokasi demo penolakan UU Ciptaker untuk berakhir rusuh.

“Masyarakat juga harus meningkatkan kewaspadaan adanya oknum-oknum yang berusaha menyusup untuk melakukan provokasi, sehingga unjuk rasa berakhir kerusuhan,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

Polisi: 10.587 Personel TNI-Polri Diterjunkan Amankan Demo Mahasiswa Tolak UU Ciptaker

Published

on

By

Channel9.id – Jakarta. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyampaikan, sebanyak 10.587 personel gabungan TNI-Polri diterjunkan untuk mengamankan demo mahasiswa menolak UU Ciptaker Selasa (20/10) hari ini.

“Kami sudah siapkan hari ini 10.587 personel, ini yang kita siapkan gabungan TNI-Polri,” kata Yusri, Selasa (20/10).

Di samping itu, ada 10.000 personel cadangan yang juga disiapkan untuk mengamankan demo hari ini. Personel cadangan itu disiagakan di Monas dan Gedung DPR.

Selain mengamankan aksi demo, personel gabungan juga melakukan pengamanan di sentra ekonomi hingga sentra perbelanjaan.

“Yang memang kita anggap rawan kita siapkan pengamanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, polisi juga telah menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Monas dan Istana Negara.

Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari sekitar lokasi demo guna menghindari kemacetan lalu lintas.

“Kita imbau masyarakat tidak ke sana karena pasti ada kemacetan,” pungkasnya.

(HY)

Continue Reading

Hot Topic

KSP Luncurkan Laporan Setahun Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf

Published

on

By

Channel9.id-Jakarta. Kantor Staf Presiden (KSP) meluncurkan laporan tahunan 2020 bertajuk ‘Bangkit untuk Indonesia Maju’. Laporan ini dibuat untuk memperingati usia pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin yang telah memasuki satu tahun pada Selasa (20/10/2020).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, sejak pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (2014-2019), laporan tahunan telah menjadi tradisi baru dalam menyampaikan berbagai program dan capaian pemerintah secara umum kepada publik.

Baca juga: Satu Tahun Jokowi-Ma’ruf, DPR Beri Sejumlah Catatan 

“Laporan ini memberikan kesempatan seluruh pemangku kepentingan yang ingin mendapatkan perspektif lebih utuh tentang program-program pemerintah yang berasal dari visi-misi Presiden,” kata Moeldoko dari pengantar laporan tersebut.

“Sehingga menjadi bagian dari rencana pembangunan nasional dan diimplementasikan oleh semua Kementerian dan Lembaga,” tambahnya.

Diketahui, laporan tahunan tersebut disuguhkan dalam versi digital dan bisa diunduh pada laman resmi Kantor Staf Presiden. Laporan tersebut terdiri dari dua bagian. Pertama, tentang kolaborasi menghadapi pandemi Covid-19. Kedua, tentang pulih dan bergerak maju, kerja keras membajak krisis.

Moeldoko menuturkan, perspektif seperti itu tidak bisa diperoleh dari sumber lain termasuk media massa, yang tentu memiliki keterbatasan akses, ruang, halaman, dan kemungkinan agenda setting-nya sendiri.

“Pada periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin (2019-2024), tradisi laporan tahunan diteruskan,” ucapnya.

Selain untuk tujuan diseminasi kinerja pemerintah kepada publik, juga sebagai sarana evaluasi tahunan yang memberikan perspektif perbandingan tentang apa yang telah tercapai dan apa yang harus dilakukan pemerintah pada tahun berikutnya.

“Laporan tahunan ini kami mulai dengan munculnya game changer dunia, pandemi Covid-19. Indonesia tidak terkecuali harus menghadapinya,” ujarnya.

“Presiden Joko Widodo yang dikenal sebagai pemimpin yang berani mengambil risiko menyerukan agar kita tidak surut menghadapinya. Kita harus membajak krisis. Meski menghadapi kondisi sulit, kita meyakini kita akan berhasil melewatinya,” tuturnya.

Pandemi ini, kata Moeldoko, turut mempengaruhi berbagai rencana dan program. KSP beranggapan berbagai perubahan ini penting disampaikan, sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi yang lebih utuh, termasuk tantangan dan capaiannya.

“Presiden tidak pernah mengabaikan janjinya. Meski laju pertumbuhan ekonomi sempat tersendat, tapi Presiden tetap memegang visi mewujudkan lima arahan strategis menuju masyarakat Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur,” jelasnya.

Lima arahan strategis tersebut terdiri dari:

  1. Pembangunan Sumber Daya Manusia;
  2. Pembangunan Infrastruktur;
  3. Penyederhanaan Regulasi;
  4. Penyederhanaan Birokrasi; dan
  5. Transformasi Ekonomi.

Refocusing dan realokasi anggaran memprioritaskan program dan penanganan di bidang kesehatan, pemulihan sosial dan ekonomi-terutama untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Koperasi. Namun lima arahan pembangunan tetap menjadi pilar bagi Visi Indonesia 2045 demi memastikan Indonesia menjadi negara maju.

“Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita semua diberikan kesehatan, kekuatan dan mampu melewati Pandemi Covid-19 dengan selamat,” pungkasnya.

IG

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

HOT TOPIC