Kalori Bisa Lebih Banyak Dibakar Saat Tidur dengan Makan Ini
Lifestyle & Sport

Kalori Bisa Lebih Banyak Dibakar Saat Tidur dengan Makan Ini

Channel9.id-Jakarta. Apakah Kamu tahu, ternyata ada beberapa makanan yang membantu proses pembakaran kalori selama tidur? Tentunya ini kabar baik bagi para pejuang diet, kan?

Kita tahu bahwa manusia akan selalu membutuhkan kalori selagi masih hidup, untuk kemudian diubah menjadi energi sehingga tubuh bisa berfungsi dengan optimal. Ini tak terkecuali saat tidur.

Baca juga: Isi Liburan dengan Tidur Lama, Ini Nih Bahayanya!

Sebuah penelitian mendapati bahwa tubuh bisa membakar sekitar 400-500 kalori saat tidur selama 8 jam. Nah, rupanya kalori yang dibakar ini bisa diperbanyak jika Kamu mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur. Makanan yang dimaksud itu apa saja sih? Simak berikut ini.

1. Buah sitrus
Semakin cepat laju metabolisme, maka semakin cepat dan banyak pula kalori yang dibakar. Buah-buahan sitrus, seperti jeruk dan lemon, disebut membantu meningkatkan metabolisme, lo. Termasuk pula ketika sedang tidur.

Buah-buahan ini juga bersifat diuretik yang bisa membantu membersihkan usus dari tumpukan sisa makanan—yang memicu peningkatan berat badan. Kandungan vitamin C pada buah-buahan ini juga membantu menjaga kesehatan kulit selama tidur.

2. Teh hijau
Suatu penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan minum suplemen teh hijau membantu membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang tidak mengonsumsinya. Manfaat ini didapat karena kandungan antioksidan flavonoid yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori, bahkan saat sedang tidur.

3. Susu
Susu rendah lemak atau tanpa lemak, termasuk olahannya seperti yogurt, merupakan asupan pembakar lemak yang baik dikonsumsi sebelum tidur. Pasalnya, kalsium dan mineral yang dikandungnya bisa meningkatkan metabolisme. Selain itu, susu termasuk karbohidrat kompleks yang bisa menjaga kadar insulin tetap rendah—yang bisa membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori.

4. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan seperti kacang merah dan kedelai merupakan sumber protein nabati dan serat yang bisa membantu menjaga berat badan. Ini karena kedua zat tersebut membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Namun, di waktu yang bersamaan juga membantu meningkatkan metabolisme, dan membantu membakar lemak lebih cepat serta menjaga kadar insulin tetap stabil.

5. Gandum utuh
Gandum atau biji-bijian utuh, seperti beras merah, beras cokelat, hingga beras hitam, kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang bisa merangsang metabolisme dan mempercepat pembakaran lemak. Nah, makanan ini tentunya bisa menjadi pilihan saat makan malam.

Nah, itulah rekomendais makanan yang bisa membantu proses pembakaran kalori. Namun, perlu dicatat, untuk menjaga berat badan ideal, perlu dibarengi dengan olahraga rutin agar pembakaran bisa maksimal.

(LH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3  +  2  =