Connect with us

video

(Video) Jakarta Dikepung Banjir

Published

on

Jakarta Dikepung Banjir

Channel9.id-Jakarta. Sebagian wilayah DKI Jakarta lumpuh total akibat banjir yang melanda ibu kota. Hujan lebat diduga penyebab banjir yang merendam sejumlah jalan raya di Jakarta. ada beberapa titik jalan yang masih tergenang banjir, pada Sabtu (20/2/2021) ini.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim banjir terjadi di sebagian kecil wilayah Jakarta. Selain itu, ada 300-an keluarga yang mengungsi akibat banjir tersebut.

Lihat juga : (Video) Viral Warga Subang Terjebak Banjir

Menurut Anis, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan kebutuhan bagi pengungsi. Termasuk adanya tempat isolasi mandiri bagi korban banjir yang positif atau terindikasi virus Corona (Covid-19).

“Saat ini, kita sudah menyiapkan dapur umum, tenda untuk mereka mengungsi sementara, dan tenda isolasi mandiri Covid-19 bagi mereka yang memiliki gejala atau terdeteksi dari tes antigen terpapar Covid-19. Obat-obatan dan prasarana juga kita siapkan. Jadi Pemprov DKI Jakarta sejak awal sudah bersiaga,” katanya.

Menurut Anies, banjir terjadi karena curah hujan ekstrem di Jakarta namun kapasitas daya tampung drainase yang tidak memadai. Sehingga air yang tak bisa tertampung meluap ke jalan dan permukiman.

“Sejak tadi malam, Jakarta dan sekitarnya mengalami hujan yang cukup intensif di Pasar Minggu, ini catatan dari BMKG, curah hujan sampai 226 milimeter, di Sunter Hulu 197 milimeter, di Halim sampai 176 milimeter, Lebak Bulus 154 milimeter, semua angka di atas 150 adalah kondisi ekstrem,” kata Anies.

“Kapasitas sistem drainase di Jakarta itu berkisar 50 sampai 100 milimeter. Bila terjadi hujan di atas 100 milimeter per hari, pasti terjadi genangan karena memang kapasitasnya terbatas sampai 100 milimeter,” ujarnya.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

video

(Video) Presiden Jokowi Cabut Perpres Miras

Published

on

By

Presiden Jokowi Cabut Perpres Miras.

Channel9.id – Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencabut Peraturan Presiden (perpres) izin investasi minuman keras (miras) atau minuman beralkohol. Perpres itu tertuang dalam Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal yang diteken kepala negara pada 2 Februari 2021.

Lihat juga : (Video) Sempat Positif Covid-19, Guru Ini Bikin Wayang Untuk Semangati Siswa dan Nakes

Jokowi membatalkan perpres tersebut setelah mendengar masukan dari beberapa kelompok masyarakat, seperti ulama, MUI, NU, dan organisasi masyarakat (ormas) lainnya.

“Setelah menerima masukan-masukan dari ulama-ulama, MUI, NU, Muhammadiyah, dan organisasi masyarakat (ormas) serta tokoh-tokoh agama yang lain saya sampaikan lampiran perpres pembukaan investasi baru industri minuman keras yang mengandung alkohol saya nyatakan dicabut,” ucap Jokowi dalam konferensi pers, Selasa (2/3).

Continue Reading

video

(Video) Sempat Positif Covid-19, Guru Ini Bikin Wayang Untuk Semangati Siswa dan Nakes

Published

on

By

Pasien pengidap Covid-19 harus diisolasi guna memutus rantai penularannya. Selama diisolasi, mereka harus absen dari kebiasaan sehari-hari, terutama aktivitas fisik

Channel9.id-Jakarta. Pasien pengidap Covid-19 harus diisolasi guna memutus rantai penularannya. Selama diisolasi, mereka harus absen dari kebiasaan sehari-hari, terutama aktivitas fisik yang berat. Mereka harus lebih banyak beristirahat agar segera pulih.

Tak jarang para pasien itu membagikan kisahnya melalui media sosial dalam memerangi Covid-19. Di antara kisah-kisah tersebut, ada satu yang unik, yaitu kisah pasien Covid-19 di RS Pertamina yang menyulap kotak makan bekasnya menjadi wayang.

Pada Selasa (23/2) lalu, kisah unik itu diunggah oleh akun TikTok @itsnatsir dan sempat viral di jagat maya. Video ini disukai lebih dari 75 ribu orang dan dikomentari ratusan orang per Senin (1/3) ini.

Melalui video tersebut, seorang petugas kesehatan berbagi cerita tentang pasien tersebut. “Jadi ini cerita seorang pasien yang bikin kita semakin semangat. Meski dirawat, bapak ini sangat kreatif. Dia bikin wayang dari bekas kotak makan tiap harinya,” tulis dalam video tersebut.

Selain itu, nampak pula tokoh pewayangan Pandawa Lima dalam wujud kertas tengah berjejer. Ada pula Semar, Petruk, hingga Bagong. Selain karya itu, ada kertas bertuliskan “terima kasih” dari pasien kepada para tenaga kesehatan.

Setelah ditelusuri, diketahui bahwa si pasien adalah guru mata pelajaran Antropologi, Sosiologi, dan Teater di HighScope Indonesia. Ia adalah Ahmad Zayad.

Zayad mengatakan bahwa dirinya memang selalu terpikirkan untuk membuat suatu karya ketika melihat barang bekas.

“Ini hal yang selalu saya kembangkan dan selalu saya jaga, saya selalu memanfaatkan barang-barang bekas di sekolah, di kelas Bahasa Indonesia,” tuturnya saat dihubungi Channel9, Jumat (26/2).

Prinsip itu pun berlaku saat ia melihat tutup kotak makan di tempat isolasi. “Karenanya, saya minta dibawakan beberapa alat dari rumah, seperti spidol, gunting, solatip, sumpit kayu, dan sebagainya,” sambung Zayad.

Dengan menggunakan alat yang tersedia, Zayad kemudian membikin wayang. Ia sendiri mengaku bahwa membikin wayang adalah salah satu cara ia mengajar.

“Sebelumnya, saya minta anak-anak untuk membuat wayang kertas. Saat saya membuatnya di tempat isolasi, itu menjadi sarana untuk pendekatan kepada anak-anak. Saya juga mencontohkan jalan ceritanya (wayang),” kata dia.

Hasil pelatihan dan pengalaman mengajar belasan tahun, membikin pria lulusan Universitas Negeri Jakarta ini sadar bahwa menjadi guru harus mampu mengatur waktu, alur, hingga kelas. Berangkat dari semangat ini, meski ia sedang tak mengajar karena sakit, ia ingin memotivasi siswa-siswanya agar tetap semangat.

“Saya ingin memberi contoh kepada anak-anak, meski saya sakit, saya bisa mengerjakan apa yang mereka kerjakan (wayang)—tetap bisa melakukan sesuatu. Saya ingin membuat mereka semangat,” tutur Zayad.

Selain itu, ia ingin pembuatan dan hasil karyanya bisa menyenangkan hati para relawan dan tenaga kesehatan di RS.

“Mungkin mereka juga jenuh dan sebagai macamnya. Saya mau coba lakukan hal kecil saja untuk mereka. Waktu itu orang pantry, saya dibawakan kotak kertas nasi. Saya mengaku senang. Itu memang hal simpel, namun mereka bisa saja senang karena sadar bahwa dirinya dinanti-nanti oleh pasien. Lalu saya tuliskan terima kasih kepada seluruh tim dokter dan kawan-kawan melalui kotak nasi,” tutur Pria dengan tiga anak ini.

Perihal bagaimana ia tertular, ia tak tahu pasti. Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa dirinya baru keluar dari RS pada 17 Februari, setelah 11 hari diisolasi. Sepulangnya dari RS, ia harus isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

Saat ini, Zayad telah dinyatakan negatif dari Covid-19 dan masa isolasinya berakhir. Mulai Senin (1/3) ini, ia sudah mengajar dan tentunya secara daring. “Walaupun belum fit 100%,” imbuh Zayad.

(LH)

Continue Reading

video

(Video) Tiger Woods Mengalami Kecelakaan Terancam Pensiun

Published

on

By

Tiger Woods Mengalami Kecelakaan Terancam Pensiun.

Channel9.id-Jakarta. Pada konferensi pers, pihak berwenang Los Angeles (LA) mengabarkan Tiger Woods mengalami kecelakaan dan saat ini sedang di rumah sakit dengan kondisi serius, pada Rabu dini hari  (24/2/2021).

Pegolf Amerika itu sedang di rumah sakit dengan cedera kaki yang serius setelah mobil yang ia kendarai mengalami kecelakaan, terguling beberapa kali di pinggir kota Los Angeles pada Selasa waktu setempat.
Sheriff  kota Los Angeles, Alex Villanueva, mengatakan bahwa penyebab kecelakaan masih dalam penyelidikan, namun diketahui Tiger Woods mengendarai mobilnya diatas kecepatan rata-rata.

Menurut Sheriff, Tiger Woods saat itu mengendarai sendirian saat kecelakaan terjadi. Beruntung dia mengenakan sabuk pengaman dan masih sadar saat pihak berwenang datang menyelamatkannya.

“Saat itu Tiger Woods terperangkap di dalam mobil,” kata Ketua Pemadam Kebakaran daerah Los Angeles, Daryl Osby, di konferensi pers.

“Petugas paramedis dan petugas pemadam kebakaran menggunakan linggis dan kampak untuk memotong dan melepas bagian kendaraan, mereka bisa dengan aman mengeluarkan Woods dari mobilnya,” kata Osby.

Lihat juga : (Video) Kecelakaan Pesawat United Flight 328

Agennya, Mark Steinberg mengatakan Woods kemudian dibawa oleh ambulans ke rumah sakit terdekat. Ia diharuskan menjalani operasi kaki dikarenakan lukanya yang cukup serius.

Wakil Sheriff kota Los Angeles, Carlos Gonzalez, merupakan yang pertama kali datang ke tempat kejadian. Dia mengatakan kecelakaan di lokasi itu sudah sering terjadi

“Tiger Woods sangat beruntung masih bisa selamat dari kecelakaan seperti itu,” kata Gonzalez.
Para atlit dan pemain golf mengucapkan dukungannya kepada Woods dan mengirimkan salam dan doa kepadanya.

Continue Reading

HOT TOPIC